>

Tips Menyiasati Rumah Sempit Menjadi Luas


Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang besar, bagus dengan segala perabotan yang modern, terutama pasangan muda yang baru berkeluarga dan baru merintis karier. Namun apa daya apabila kita hanya mempunyai rumah yang kecil, dan sempit. Karena harga rumah dan tanah makin lama makin tinggi, terutama di kota besar.  Tidak usah kuatir dan tidak perlu minder bagi anda pasangan baru ataupun anda yang baru bisa membeli rumah petak, sekarang ini sedang tren rumah minimalis yang multi fungsi dalam arti rumah kecil namun mempunyai banyak fungsi. Antara lain bisa dijadikan kantor yang nyaman, bisa dijadikan tempat meeting yang cozy, dan sekaligus bisa digunakan sebagai tempat tinggal.

Semua permasalahan mengenai sempitnya ruang dan banyaknya perabotan bisa disiasati dengan penataan dekorasi rumah yang sesuai. Sehingga akan memberikan kesan luas dan tetap nyaman untuk dihuni seluruh keluarga.  

Berikut tips agar ruangan sempit menjadi luas.

 

Meletakkan Ruang Penyimpanan dengan Efektif


Desain perabot dan tata cara meletakkan barang sangat menentukan untuk penghuni rumah dengan ruangan sempit agar bisa menghemat tempat. Memilih kursi yang bisa dilipat kemudian meletakkannya dengan cara digantungkan di dinding jika tidak dipakai akan membuat ruangan jadi lebih lapang. Penghuni rumah dengan ukuran kecil harus kreatif dan cerdas dalam meletakkan barang. Misalnya untuk meletakkan barang–barang yang berserakan Anda bisa membuat dan meletakkan laci di bawah tempat tidur yang letakknya tersembunyi dan menghemat tempat. Atau anda bisa menyisihkan ruangan kecil sebagai tempat laundry, anda bisa menyembunyikan peralatan laundry apabila sedang tidak digunakan.  

 

Bermain dengan Bentuk


Bentuk–bentuk minimalis dari perabot yang dimiliki akan membuat kesan ruangan lebih luas dan ringan. Jika Anda memiliki sofa dengan kayu penyangga yang tebal dan berat kemudian dipadukan dengan lemari jati yang besar dan diletakkan di ruangan yang sempit tentu ini akan membuat ruangan yang kecil terkesan sangat sempit. Pemilihan meja dengan penyangga besi ringan dan kaca transparan dengan memadupadankan perabot baik yang berbentuk lingkaran atau kotak secara efektif akan membuat ruangan sempit tetap terkesan luas tetapi tidak membosankan. Selain itu anda bisa memilih bentuk perabot yang bisa dibongkar pasang menjadi fungsi yang berbeda.

 

Ruangan Multi fungsi


Memfungsikan setiap ruang dalam rumah berukuran kecil tentu dibutuhkan pengaturan yang ketat. Misalnya ruang makan bisa difungsikan pula sebagai ruang berkumpul keluarga, ruang nonton TV dan tempat belajar. Ruang kerja bisa dipadukan dengan rak buku perpustakaan keluarga. Ruang dapur dipadukan sebagai ruang makan sekaligus.

 

Pemanfaatan setiap ruang agar memiliki multi fungsi tentu disesuaikan dengan aktifitas yang biasa dilakukan oleh penghuni rumah.

 

Manfaatkan Refleksi Cermin


Peletakaan cermin besar di dinding berhadapan dengan sumber cahaya, akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas. Refleksi yang dipantulkan cermin merupakan ilusi optik yang menimbulkan kesan ada dua ruangan di tempat itu padahal kenyataan sebenarnya hanya ada satu ruangan.

 

Manfaatkan Setiap Sudut dengan Maksimal


Memiliki rumah yang kecil, penghuni rumah harus dapat memaksimalkan fungsi setiap jengkal lahan yang ada di rumah itu. Misalnya Setiap sudut yang terdapat di ruangan salah satu fungsinya bisa digunakan untuk meja kecil dan beberapa bangku minimalis untuk tamu. Peletakkan lemari sudut di dinding dan meja telepon kecil di bawahnya juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan fungsi sudut di ruangan sempit.

 

Kreatifitas dan memaksimalkan fungsi lahan untuk rumah berukuran kecil diperlukan agar kebutuhan Anda akan fungsi ruang dan perabot dalam rumah tetap terpenuhi, meskipun untuk keindahan dan estetika ruang tetap perlu diperhatikan agar penghuni tidak bosan tinggal di rumah yang sempit.

Selamat mencoba tips diatas, semoga menjadika rumah anda menjadi nyaman dan semakin betah tinggal di rumah.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru